-->

Contoh Menanam Tomat dan Cabe Hidroponik

Berikut gambar contoh Menanam Tomat dan Cabe Hidroponik di ember (Metode Wick/Sumbu), penutupnya menggunakan busa, plastic mika atau yang sekiranya bisa menopang netpot. Media tanam bisa menggunakan sekam, sisa gergaji, pasir, bata, kerikil, kombinasi, dll. Agar lebih kuat menopang pohon, gunakan kayu atau gunakan tali pengikat ke atas, menggunakan nilon, benang rajut, dll. Selalu cek volume larutan nutrisi, jika menipis segera ditambah, dan jika mengental tambahkan air, akan lebih akurat bisa menggunakan alat ukur pH, EC Meter atau PPM, sesuaikan dengan kebutuhan tanaman.
Menanam Tomat dan Cabe dengan Metode WickMenanam Tomat dan Cabe dengan Metode Wick

Menanam Tomat dan Cabe dengan Metode WickMenanam Tomat dan Cabe dengan Metode Wick

Untuk sekala besar model tersebut kurang cocok karena kurang praktis, untuk sekala besar gunakan polybag/plastic, can bekas cat, ember atau kotak plastic bekas es krim yang dilobangi bawahnya dan di sambung pipa paralon kecil untuk mengalirkan sisa pembuangan nutrisi ke bak penampungan air nutrisi dan kemudian dari penampungan tersebut di alirkan kembali untuk penyiraman tanaman, sehingga tidak ada yang terbuang.

Penyiraman dapat dilakukan dengan metode tetes secara otomatis (Drip irrigation), bisa menggunakan pompa air aquarium (tergantung luas area penyiraman) dan menggunakan timer pewaktu sehingga penyiramannya bisa di set pada waktu-waktu tertentu. Penyiraman juga bisa dilakukan dengan manual dengan cara menggunakan bak penampung air (drum plastic, torrent, dll) yang diletakkan lebih tinggi dan di alirkan ke pipa dengan kran dan diteteskan/siram ke tanaman. Atau bisa juga berkreasi dengan membuat penyiraman autopo, seperti ide yang dibuat salah satu anggota group hidroponik yaitu Bapak Marwin Sinaga. Gambar detailnya sebagai berikut :

Berikut contoh menanam hidroponik memakai polybag dan can bekas. Pipa/selang mengalirkan air nutrisi dari ember/torrent/drum plastic yang menampung nutrisi, dialirkan menggunakan pompa air. Buangan air nutrisi dari penyiraman tanaman dialirkan kembali ke penampungan air nutrisi.


Media tanam bisa diganti menggunakan pecahan bata, kerikil, pasir, atau kombinasi, dll. Dan ingat media tanam jangan sampai menyumbat aliran air nutrisi sehingga menyebabkan tanaman tidak memeperoleh nutrisi dengan baik, bisa nyebabkan genangan di tempat yang tersumbat atau meluber.

0 Response to "Contoh Menanam Tomat dan Cabe Hidroponik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel