-->

Ber-Hidroponik di Rumah

Hidroponik merupakan cara bercocok tanam yang sangat mudah, sederhana dan modern. Hidroponik dapat dilakukan dimana saja, meskipun pada lahan yang sempit, dapat diaplikasikan dengan mudah oleh siapapun, dan dengan hasil yang lebih memuaskan.

Sangat menyenangkan terutama bagi yang hobi menanam, karena lebih praktis, tidak harus kotor-kotoran terkena tanah, atau bahkan ketemu hewan kecil yang menjijikan seperti cacing, ulat, dan sebagainya. Kita bisa tetap bersih dan rapi saat bercocok tanam dengan cara hidroponik. Sehingga bisa juga dikerjakan sendiri di rumah, bisa dikerjakan bersama keluarga, teman atau tetangga. 

Hidroponik di rumah bisa memanfaatkan sisa lahan yang ada, bisa di dalam atau di luar ruangan, memanfaatkan barang bekas, atau bisa juga berkreasi sesuai dengan keinginan kita. Kita bisa menananm berbagai tanaman, dari mulai sayuran daun (selada, kailan, pak choi, dll), sayuran buah (cabai, tomat, timun, dll), tanaman buah, bunga, bahkan tanaman herbal. Selengkapnya bisa di baca pada postingan "Tanaman yang Bisa Ditanam secara Hidroponik".

Selain membuat indah dan hijau di lingkungan rumah, juga dapat mendapatkan hasil, berupa sayuran, buah, dan sebagainya. Dari yang hanya sebatas hobi menanam di rumah, juga bisa dijadikan sumber penghasilan, dengan menjual hasil dari bertanam tersebut kepada teman, tetangga, atau saudara. Anda bisa membaca postingan sebelumnya "Pemasaran Hasil Hidroponik". 

Kita bisa memanfaatkan barang bekas seperti, kemasan botol air mineral, gelas plastik air kemasan, steorofom bekas buah, ember atau derigen bekas, dan sebagainya. Untuk model atau sistem penanaman yang cocok untuk hidroponik di rumah bisa menggunakan sistem wick atau sumbu dengan botol kemasan atau steorofom bekas buah, dengan sistem apung menggunakan steorofom, dan lain sebagainya. Silahkan baca pada postingan saya di "Contoh Menanam Hidropnik Murah".

Untuk menanam hidroponik di dalam ruangan, tanaman membutuhkan cahaya yang cukup untuk proses fotosintetis, ini dapat menggunakan alat bantu berupa lampu led tanaman (growth light), yang dapat di beli di pasaran di toko perlengkapan hidroponik. Untuk tanaman yang di luar ruangan, usahakan tanaman cukup memperoleh kebutuhan cahaya untuk fotosintesis atau bisa juga dibantu dengan lampu growth light jika cahaya tidak tercukupi. Silahkan baca postingan berjudul "Kebutuhan Cahaya pada Tanaman Hidroponik" dan "Menanam Hidroponik di dalam Ruangan".

0 Response to "Ber-Hidroponik di Rumah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel